Kesalahan-kesalahan Ini Bisa Fatal di CV Kamu!

Posted by Venividicv 01/06/2020 0 Comment(s)

Hi Fellas! Pernahkah kamu merasa panggilan dari perusahaan yang kamu lamar tidak kunjung datang, padahal kamu merasa pengalaman dan keahlian kamu sudah memenuhi syarat? Bisa jadi masalahnya bukan pada kompetensimu, melainkan pada CV atau resume yang kamu kirim. Kesalahan ketika membuat CV adalah hal yang lumrah, karena pada dasarnya pencari kerja bukanlah seharusnya menjadi ahli pembuat CV. Tugas pencari kerja adalah mengembangkan ilmu dan keahlian di bidangnya, serta mencari kesempatan kerja melalui berbagai platform yang ada. Ada jasa yang dapat kamu manfaatkan untuk membuat CV/resume yang optimal sehingga kamu tidak perlu pusing dengan CV-mu, salah satunya adalah yang disediakan oleh Venividicv.com. Dengan menggunakan jasa pembuatan CV yang kami sediakan, kamu dapat menghindari kesalahan-kesalahan yang sering timbul seperti di bawah ini

  1. CV yang terlalu panjang maupun terlalu pendek

Sebenarnya tidak ada peraturan khusus yang menentukan panjang sebuah CV, namun melihat banyaknya jumlahnya CV yang harus dibaca oleh perekrut untuk setiap lowongan, jagalah CV-mu seringkas mungkin tanpa meninggalkan poin-poin penting. Jaga agar CV-mu tidak lebih dari 3 halaman, bahkan 1 halaman akan lebih bagus. Fresh graduate umumnya cukup dengan CV 1 halaman, karyawan dengan posisi pertengahan atau pengalaman kerja beberapa tahun rata-rata membutuhkan 2 halaman. CV dengan 3 halaman adalah untuk karyawan dengan pengalaman kerja yang panjang yang tidak bisa ditinggalkan, contohnya seperti akademisi. Namun kami selalu menyarankan agar CV sebaiknya tidak lebih dari 2 halaman bila memungkinkan. Satu tips lagi, hindari adanya halaman yang tidak penuh, karena akan terlihat tidak estetik atau berkesan kamu tidak dapat merangkum CV kamu secara optimal.

  1. Kesalahan eja dan tata bahasa yang buruk

Menurut James Innes pada bukunya, “CV Book, Your definitive guide to writing the perfect CV”, 60% dari CV dan cover letter mengandung setidaknya 1 kesalahan eja atau tata bahasa. Jangan anggap sepele kesalahan ini, karena dapat memberi kesan kepada perekrut bahwa kamu adalah orang yang kurang hati-hati atau kurang peduli, dan dapat menggulingkan kamu bila sedang ditimbang dengan para pelamar lainnya yang memiliki kompetensi kurang lebih sama dengan kamu. Selalu cek dan cek ulang CV kamu, atau minta tolong orang lain untuk proofread CV kamu sebelum kamu sebarkan.

  1. Tidak menyesuaikan CV dengan lowongan yang kamu lamar

Semua yang kamu masukkan ke dalam CV sebaiknya berhubungan dengan lowongan yang kamu lamar. Tidak perlu takut menghapus pengalaman atau keahlian yang tidak bersangkutan dengan pekerjaan yang dilamar. Hal ini akan membantu perekrut menilai dengan lebih cepat apakah keahlian dan pengalaman kamu cocok dengan lowongan, dan juga menghindari skenario di mana perekrut merasa kamu tidak cocok di posisi tertentu padahal sebenarnya pengalaman-pengalaman kamu yang relevan dengan pekerjaan tersebut tenggelam oleh pengalaman-pengalamanmu yang tidak relevan.

  1. Kurangnya penekanan pada prestasi/pencapaian

Sering kali di bagian pengalaman kerja, kita hanya menulis job description kita saja, tanpa mencantumkan pencapaian apa yang telah kita raih di pekerjaan tersebut. Padahal perekrut ingin mengetahui bahwa kamu meraih lebih dari apa yang menjadi kewajiban kamu. Dan lebih baik lagi bila pencapaian tersebut dapat dikuantifikasi dan disampaikan dengan angka.

  1. Tidak mencantumkan keyword yang cocok dengan lowongan

Keyword atau kata kunci sangat penting bagi perekrut atau ATS (Applicant Tracking System) software untuk melacak dan menyaring lamaran-lamaran yang masuk. Bila CV/resume kamu tidak mengandung keyword yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, maka bisa jadi CV kamu bahkan tidak dibaca sepenuhnya dan tersingkir di seleksi awal.

Nah, setelah mengetahui kesalahan-kesalahan yang umum terjadi pada CV, coba cek apakah CV kamu masih memiliki kesalahan tersebut. Bila kamu masih ragu dengan CV yang kamu buat, tidak ada salahnya kamu menggunakan jasa pembuatan CV professional seperti yang disediakan oleh Venividicv.com. Tim yang berpengalaman akan membantu kamu untuk memperbaiki CV kamu dan memastikan kesalahan-kesalahan di atas terhindari, sehingga kamu dapat fokus untuk mendapatkan keahlian baru dan mengembangkan diri kamu demi mendapatkan pekerjaan idamanmu.

   

Leave a Comment