Cara Mencari Kerja Kekinian 2020

Posted by Venividicv 30/07/2020 0 Comment(s) Information,

Bagaimana cara kalian mencari kerja di masa pandemik ini? Datang ke event job fair tentu bukan menjadi pilihan lagi dengan adanya bahaya pandemi covid-19.

Mendaftar di situs job portal? sepertinya hal ini masih menjadi pilihan utama generasi millenial dan Gen Z dalam mencari kerja. Namun dengan bertambahnya tingkat pengangguran dan tentunya persaingan antar para pencari kerja, ada baiknya kita mencari cara yang tidak biasa atau belum dimanfaatkan secara optimal oleh saingan kita. Berikut ini adalah beberapa situs yang menawarkan kesempatan kerja dengan cara yang berbeda.

  1. Ekrut

Ekrut

Dengan platform Ekrut, anda cukup mendaftar sebagai kandidat talent dan Ekrut yang akan menghubungkan anda dengan lowongan yang cocok dengan profil anda berdasarkan basis data science. Anda juga tetap dapat memilih pekerjaan seperti job portal pada umumnya. Ekrut mengusung fitur talent marketplace, di mana employer dapat memilih talent-talent yang terdaftar di Ekrut berdasarkan kriteria yang mereka tentukan. Anda sebagai pelamar diuntungkan karena tidak perlu menyebarkan CV karena anda sudah berada di satu marketplace yang dapat diakses banyak employer. Ekrut fokus di bidang teknologi, informasi, dan komunikasi.

  1. Jobnexus

Kalian pasti familiar dengan recruitment agency seperti Michael Page, Kelly Services, Robert Walters, dan sebagainya. Layanan dari Jobnexus akan membantu menyebarkan CV anda ke banyak recruitment agency sekaligus. Namun tetap ingat bahwa anda akan direkrut melalui recruitment agency, bukan employer secara langsung, sehingga akan ada extra fee yang perlu anda cari tahu terlebih dahulu, meskipun sering kali extra fee ini akan dibebankan ke employer anda.

  1. Urbanhire

Urbanhire terlihat sekilas seperti situs job portal pada umumnya. Namun melalui Urbanhire, anda akan terhubung ke lebih dari 28 situs job portal lainnya, sehingga lowongan pekerjaan yang dapat anda pilih pun lebih beragam. Employer pun diuntungkan karena dapat mengelola banyak job portal sekaligus melalui satu akun.

  1. Sribulancer

Bagi anda yang memilih bekerja sebagai freelancer, maka situs yang satu ini sangat cocok untuk anda. Di situs ini, para pemilik usaha, mulai dari usaha individual hingga multinational company dapat memasang lowongan pekerjaan freelance, mulai dari sekedar mendesain logo, social media marketing, hingga mendesain website. Kompensasi yang ditawarkan juga beragam, dan anda sebagai pelamar dapat memilih pekerjaan yang anda inginkan. Semakin banyak pengalaman-pengalaman proyek anda dan tingginya performa anda, maka semakin mudah anda dipilih oleh para employer.

  1. LinkedIn

Bagi yang belum memiliki profil LinkedIn, segera buat akun sekarang juga, karena media sosial yang satu ini wajib dimiliki oleh para pencari kerja. Meskipun bukan hal baru, LinkedIn termasuk di daftar ini karena semakin banyak employer yang mencari tenaga kerja melalui LinkedIn. Bahkan banyak recruitment agency ataupun personil HR yang langsung menghubungi kandidat kerja melalui LinkedIn messaging setelah melihat profil yang cocok dengan lowongan. Sehingga, penting bagi anda untuk membuat profil LinkedIn dengan lengkap dan profesional.

Meskipun layanan-layanan di atas berbeda-beda, namun semuanya membutuhkan hal yang sama, yakni profil profesional (CV atau LinkedIn profile) yang dikemas dengan sebaik-baiknya. Anda dapat menggunakan jasa Venividicv.com yang telah terbukti efektif dalam menarik perhatian employer. We wish you luck in you jobhunting endeavour!

Leave a Comment