Kena Lay-off Saat Pandemik? Jangan Panik

Posted by Venividicv 23/05/2020 0 Comment(s) Information,

Hi fellas!

Di masa pandemi ini, tentunya tidak ada yang bisa meramalkan kenyataan yang terjadi pada lapangan kerja pada tahun 2020. Hingga saat ini, sudah lebih dari 2 juta jiwa yang menjadi pengangguran akibat pandemi Covid-19 di Indonesia. Bahkan, angka pengangguran terbuka di Indonesia dapat mencapai lebih dari 9 juta jiwa pada tahun 2020 akibat krisis yang sedang kita alami saat ini.

Pemerintah pun telah mengambil langkah-langkah penyelamatan bagi para pekerja di Indonesia, salah satunya dengan menawarkan program Prakerja yang memberikan pelatihan-pelatihan mendasar. Namun sayangnya, Pemerintah belum dapat menjamin pasar yang dapat menyerap tenaga kerja tersebut ketika pandemi ini berakhir.

Sementara kita tidak dapat mengontrol bagaimana pandemi ini akan mempengaruhi pasar kerja, kita tetap bisa mempersiapkan diri kita untuk dapat berkompetisi lebih baik dalam mencari pekerjaan.

Simak beberapa tips and tricks berikut:

  1. BERPIKIR UNTUK JANGKA PENDEK TERLEBIH DAHULU

Proses PHK dan unpaid leave telah terjadi pada sebagian besar industri jasa, dan saat ini kita semua telah menyaksikan dampak lanjutannya. Perusahaan yang bisnisnya berhubungan dengan industri jasa, seperti event organiser, hiburan, travel, perhotelan dan restoran, saat ini tengah berjuang dan mereka telah melepaskan karyawan mereka dalam upaya untuk tetap hidup. Begitu pula dengan beberapa industri manufaktur, khususnya barang kebutuhan tersier.

Ketika kita merupakan salah satu korban PHK atau unpaid leave dalam situasi krisis ini, kita perlu memikirkan masa depan kita dalam jangka pendek terlebih dahulu, seperti 30, 60, dan 90 hari ke depan, karena situasi seperti ini tidak akan terjadi selamanya. Tidak ada salahnya ketika kita mengambil pekerjaan di luar bidang atau jalur karier kita untuk sementara waktu. Para employer tentunya akan mengerti ketika kita melamar pekerjaan yang jauh dari bidang kita, dan bahkan mungkin akan mempromosikan kita ke bidang yang lebih luas ketika krisis ini berakhir.

Ketika sebelumnya kita memiliki karier yang sukses karena memiliki atribut tertentu, seperti kecerdasan, koneksi, dan sumber daya, sekarang kita harus memanfaatkan keahlian tersebut dengan lebih kreatif lagi. Gunakan waktu ini untuk mengeksplorasi pekerjaan yang mungkin belum pernah kita pertimbangkan di masa lalu, dan mungkin kita akan menemukan peluang baru.

  1.  TINGKATKAN KREATIVITAS DALAM MENCARI PELUANG KERJA DALAM SITUASI INI

Buat daftar keahlian terbaik kita dan kemudian cari peluang untuk memanfaatkannya dalam kapasitas yang berbeda. Misalnya:

  • Apabila kita mempunyai keahlian sebagai event organiser, manfaatkan untuk membantu rumah sakit mengoordinasikan perluasan sementara selama Covid-19.
  • Cari peluang kerja di bidang telecommuting, sehingga kita dapat bekerja dari lokasi yang aman dan tidak memerlukan kontak langsung dengan orang lain.
  • Tingkatkan keterampilan kita secara virtual. Kita dapat memanfaatkan hobi atau bakat yang dapat kita ubah menjadi bisnis jangka pendek, seperti memberikan kursus online, terutama untuk anak-anak yang sedang melakukan home schooling, atau konsultasi online lainnya.
  • Pertimbangkan juga sektor-sektor yang meningkatkan perekrutan mereka untuk memenuhi tuntutan saat ini, seperti sektor consumer goods, terutama aplikasi belanja kebutuhan rumah tangga online dan belanja online lainnya. Ingat bahwa bisnis lokal seperti ini mungkin memerlukan bantuan tambahan, tetapi terlalu kewalahan untuk memposting pekerjaan. Ambil inisiatif dan tanyakan apa yang mereka butuhkan. Mungkin mereka mencari manajer lain untuk bergabung dengan karyawan baru mereka, seseorang untuk membuat atau meningkatkan situs web mereka untuk menangani pesanan online mereka, atau bahkan seseorang untuk mengelola gudang dan pengiriman mereka. Tanyakan apakah diperlukan bantuan. Yang terburuk yang bisa mereka katakan adalah tidak.

Intinya, manfaatkan keahlian apa pun yang telah kita miliki untuk mencari peluang-peluang pekerjaan saat ini.

  1. PERBAIKI KUALITAS RESUME ATAU CV

Menulis resume atau CV adalah seni dan sains. Agar menonjol, kita harus memiliki riwayat hidup yang dipoles dan terlihat professional, dan ditulis untuk dua target, yaitu bot dan manajer perekrutan langsung. Saat melamar pekerjaan jarak jauh, di dalam atau di luar industri kita, baca deskripsi pekerjaan dengan hati-hati dan tunjukkan keterampilan yang cocok dengan deskripsi pekerjaan.

Meskipun kita sedang mencari pekerjaan jangka pendek, kita tetap harus menerapkan upaya terbaik yang dapat membuat kita menonjol di pasar kerja yang padat dengan orang yang mencari kerja. Ingat, angka pengangguran Indonesia akan mencapai 9 juta lebih pada tahun ini. Studi menemukan bahwa resume atau CV yang paling sukses harus memiliki tiga bagian penting: menyajikan narasi karir yang meyakinkan, menciptakan keseimbangan visual, dan menggambarkan value yang dimiliki kandidat. Klik di sini untuk berkonsultasi dan memperbaiki CV-mu.

  1. PERSIAPKAN DIRIMU UNTUK WAWANCARA VIRTUAL

Sementara PSBB tengah diberlakukan di Indonesia, wawancara kerja pun akan dilakukan secara virtual dan kita pun harus mempersiapkan diri.

Berikut tips jitu menghadapi wawancara virtual:

  • Banyak peraturan sama yang tetap berlaku untuk wawancara virtual, seperti berpakaian rapi seolah-olah anda pergi ke kantor perusahaan. Hal ini perlu dilakukan bahkan ketika kita melakukan wawancara via telepon dengan tujuan untuk membantu kita mengatur keadaan pikiran kita.
  • Atur nada suara kita sehingga kita terdengar antusias.
  • Persiapkan lingkungan sekitar kita dan temukan tempat yang sunyi, bebas dari kekacauan, dan cukup terang.
  • Untuk wawancara telepon, manjakan diri dengan kemewahan referensi "lembar contekan". Sediakan salinan uraian pekerjaan, pokok pembicaraan tentang kualifikasi kita dengan persyaratan pekerjaan, dan daftar pertanyaan untuk ditanyakan kepada pewawancara.
  • Untuk wawancara video, unduh terlebih dahulu program yang diperlukan (atau pembaruan perangkat lunak) dan uji peralatan dengan teman untuk membiasakan diri dengan proses tersebut dan memastikan pengaturan, seperti volume, posisi kamera, pencahayaan yang ideal.

Demikian tips dan tricks mendapatkan pekerjaan selama masa pandemik COVID-19. Pertahankan ketekunan dan keuletan kita, serta pertimbangkan pilihan pekerjaan yang sesuai selama waktu yang tidak pasti ini. Don’t lose hope and keep up the good work, fellas!